Tidur dengan TV dan Musik Menyala? Hati-hati Efek Sampingnya!

Tidur dengan TV dan Musik Menyala? Hati-hati Efek Sampingnya! – Siapa di antara Anda yang punya kebiasaan tidur malam sambil mendengarkan musik? Ataupun membiarkan televisi menyala semalaman?

Kebiasaan tersebut, ditambah dengan kebiasaan lain seperti membiarkan lampu menyala terang saat tidur, merupakan kebiasaan yang biasanya dimiliki orang-orang di perkotaan. Namun demikian, ternyata sifat seperti ini mempunyai efek samping dalam kesehatan yang bisa membahayakan.

Tidur yang tak sehat

Berapa banyak pula dari Anda yang punya kebiasaan tersebut di atas merasakan tidur yang berkualitas? Efek samping dari membiarkan lampu, musik, ataupun televisi menyala saat tidur adalah tidur yang tak lelap.

Banyak orang yang merasakan bahwa mereka terbangun namun tidak merasa bahwa sudah tertidur, merasa lebih tegang atau stress daripada sebelumnya, dan bahkan merasa mereka sama sekali tidak tidur semalaman. Akibatnya, produktivitas menurun, dan Anda juga tidak bisa bekerja atau belajar maksimal.

Kenapa tidur tak nyenyak?

Kenapa hal ini bisa terjadi? Secara ilmiah, hal ini bisa dijelaskan dengan beberapa poin berikut ini:

  • Otak, jantung, dan organ-organ penting lain di dalam tubuh tidak pernah beristirahat, meski dalam level yang lebih rendah daripada ketika Anda bangun.
  • Secara umumnya, di malam hari aktivitas orang-orang akan menurun, dan membuat ritme tubuh juga semakin rendah.
  • Inilah kesempatan bagi organ-organ seperti jantung dan, terutama otak untuk menyegarkan diri.
  • Tetapi ketika ada suara, musik, TV, dan cahaya, maka gelombang audio visual yang dihasilkan akan masuk ke otak, merangsang otak untuk merespon seakan Anda sedang bangun.
  • Jadi pada dasarnya, otak pun terus bekerja full-time, tanpa ada kesempatan untuk bekerja lebih santai dan refreshing.
  • Akibatnya, ketika Anda bangun, Anda justru merasa lebih lelah.

Hormon melatonin agar tidur nyenyak

Komponen yang dihasilkan oleh otak ketika tidur selama setidaknya 8 jam adalah hormon melatonin. Zat ini dipicu oleh kelenjar pineal di dalam otak di saat keadaan gelap, dan menentukan irama tubuh tentang saat beristirahat.

Hormon ini sendiri diproduksi paling banyak pada pukul 02.00 sampai 04.00 pagi. Saat hormon ini paling sedikit dihasilkan adalah ketika di sore hari, dan semakin menurun semakin bertambahnya usia Anda. Jadi inilah alasannya, kenapa sebaiknya Anda tidur dalam keadaan yang tenang dan gelap.

Baca Juga : Akhirnya Terkuak Misteri Hantu Jacko Neverland

 

Jasa Pembuatan dan Jual Artikel Murah © 2016 Frontier Theme