Migrasi Ekstrim Hewan-hewan dari Berbagai Penjuru Dunia

 

Migrasi Ekstrim Hewan-hewan dari Berbagai Penjuru Dunia – Tidak hanya manusia yang juga ingin pulang ke kampung halamannya ataupun bepergian.

Banyak pula hewan yang bersama dengan koloni mereka juga kembali ke kampung halaman mereka ataupun mencari tempat hidup yang lebih baik. Di sana, mereka akan mencari makanan, mendapatkan pasangan, dan kemudian membesarkan keluarga mereka. Kelak, anak-anak mereka pun akan melakukan hal yang sama.

Berhubung perjalanan ketika hewan-hewan tersebut melakukan migrasi cukup jauh, tak jarang mereka melintasi tempat ataupun jarak yang cukup ekstrim. Inilah beberapa hewan yang melakukan migrasi sangat sulit:

  1. Kupu-kupu Monarch

Sudah menjadi tradisi bagi kupu-kupu ini untuk bermigrasi setiap musim semi. Ribuan kupu-kupu Monarch ini akan menempuh jarak 4.828 kilometer menuju California dan juga Meksiko, melalui Amerika dan Kanada.

  1. Salmon

Salmon menghabiskan waktunya bertahun-tahun hingga dewasa di lautan. Mereka lalu bermigrasi beramai-ramai, berenang menentang arus deras, menuju sungai air tawar, yaitu tempat kelahiran mereka, lalu berkembang biak dan mengakhiri hidup. Jarak yang ditempuh bisa mencapai ratusan kilometer.

  1. Wildebeest

Binatang herbivora ini hidup di Padang Serengeti, Afrika. Mereka selalu bermigrasi demi mencari makanan dan menghindari kekeringan yang sangat di daerah Tanzania dan Kenya.

  1. Capung

Sama seperti kupu-kupu Monarch, capung juga melakukan migrasi. Capung dari India bagian selatan bermigrasi menuju Afrika, melalui jarak hingga 18.000 km di atas lautan lepas. Mereka melalui jalur Maldives, Samudera Hindia, dan sampai di bagian selatan Afrika.

  1. Angsa kepala-balok

Nama latinnya Anser indicus. Mereka bermigrasi dari kawasan rendah Asia Tengah, menuju Pegunungan Himalaya setinggi 6.000 meter, dalam waktu hanya 7-8 jam saja di malam hari, dalam keadaan angin tidak mendukung.

  1. Paus punggung bungkuk

Mamalia air dengan bobot seberat 36.000 kilogram ini hidup mencari makan di Semenanjung Arktik. Namun ketika saatnya berkembang biak, mereka akan berkelana sejauh 8.046 kilometer ke daerah Kolombia yang dekat dengan khatulistiwa.

  1. Bar-tailed godwit

Jenis burung yang hidup di Alaska. Mereka melakukan migrasi selama 9 hari tanpa berhenti, menempuh jarak 11.500 kilometer dari Alaska menuju Selandia Baru.

Baca Juga : Sekelumit Riwayat dari Bintang Film Dewasa Maria Ozawa alias Miyabi

Jasa Pembuatan dan Jual Artikel Murah © 2016 Frontier Theme