Kereta Peluru Tiongkok, Mengejar Jepang Menjadi yang Tercepat

Kereta Peluru Tiongkok, Mengejar Jepang Menjadi yang Tercepat – Selama ini, Jepanglah yang dikenal dengan kereta apinya yang paling cepat di dunia, yaitu kereta peluru Shinkansen.

Kereta ini bisa mencapai kecepatan hingga 500 km/jam, yang membuat jarak ratusan kilometer bisa ditempuh hanya dengan hitungan menit saja. Eropa dan Korea Selatan pun mempunyai kereta seperti ini, meski dengan kecepatan di bawahnya, dan dengan demikian, membuat Jepang menjadi negara nomor satu dengan kereta cepatnya.

Namun agaknya belakangan ini negara Tiongkok telah bertekad untuk menyabet gelar negara dengan kereta tercepat ini dari Jepang. Pemerintah Tiongkok telah berhasil membuat kereta yang tidak kalah cepat, dengan kecepatan 300 mil/jam, yang disebut CRH380. Kecepatan ini bisa tercapai karena kombinasi dari bahan pembuatan badan kereta yang ringan, dengan plastik berserat karbon, dan desain bodi yang dibuat aerodinamis.

Kecepatan kereta peluru ini jauh melebihi pendahulunya, yaitu CRH380A, yang mempunyai kecepatan 100 mil/jam atau 160 km/jam, meski kereta lama ini pun bisa menempuh jarak ratusan kilometer hanya dalam beberapa jam saja.

Pemerintah Tiongkok rela merogoh dana sebesar 700 miliar Yuan untuk membiayai pembangunan tersebut. Tidak hanya untuk infrastruktur, tetapi juga untuk membangun jaringan rel di seluruh negaranya dengan rel sepanjang 8.000 mil.

Meski sekarang Tiongkok telah dipenuhi dengan kereta-kereta yang menyaingi Shinkansen milik Jepang tersebut, pemerintah sendiri menyatakan bahwa kereta ini sendiri tidak akan selalu berjalan dengan kecepatan maksimal. Alasannya simpel, hal ini bisa mengganggu keselamatan penumpang, termasuk juga mengganggu lingkungan di bagian luar kereta tersebut. Inilah alasannya kenapa banyak kereta peluru ini berjalan lebih pelan ketika masuk ke lingkungan padat penduduk.

Tetapi tidak hanya Tiongkok dan Jepang saja yang berlomba membangun kereta peluru ini. Kedua negara ini pun juga berlomba untuk membantu Indonesia membangun kereta cepatnya sendiri. Keduanya telah menawarkan proposal yang menarik, dan tampaknya tinggal menunggu saja sampai penduduk Indonesia juga mampu menikmati kereta super cepat ini. Jika hal ini terwujud, Anda bisa membayangkan berapa banyak waktu yang dihemat untuk pergi dari Jakarta hingga Surabaya, atau kota besar lainnya.

Baca Juga : Tidur dengan TV dan Musik Menyala? Hati-hati Efek Sampingnya!

Jasa Pembuatan dan Jual Artikel Murah © 2016 Frontier Theme