Alasan Penting untuk Cincin Kawin di Jari Manis

Alasan Penting untuk Cincin Kawin di Jari Manis – Pernikahan ialah salah satu upacara yang sangat suci untuk menyatukan dua insan yang saling mencintai. Adanya pernikahan ini pun akan diikuti dengan pemasangan cincin sebagai lambang pernikahan itu.

Sepasang cincin itu akan dipasangkan oleh pihak pria kepada istrinya begitu pula dengan sebaliknya. Akan tetapi, cincin itu selalu diletakkan di bagian jari manis yang di sebelah tangan kanan. Hal ini pun menjadi salah satu pertanyaan tersendiri, yaitu, kenapa cincin pernikahan ada di tangan kanan tepatnya di jari manis? Bahkan, cincin yang ada di jari manis itu selalu menjadi tanda bahwa pemakainya sudah menikah.

Begitu banyak filosofi dan teori yang menyatakan adanya alasan penting dibalik pemakaian cincin kawin di jari manis dan selalu di tangan kanan. Tak lain dan tak bukan ialah sebagai simbol dari hubungan pernikahan yang senantiasa erat nan bahagia.

Satu sama lain saling mencintai dan menjaga dengan sepenuh hati. Teruntuk itu, selagi berpasangan, sebaiknya tak menyakiti dan senantiasa mencintai serta melindunginya sepenuh hati. Walau bagaimana pun juga, pasangan ialah seorang yang akan menemani Anda sampai tua nanti. Untuk itu, menjalin kasih dan sayang akan semakin mempererat tali cinta diantara keduanya.

Bilamana dengan filosofi lain, ada yang menyatakan sedemikian rupa, yaitu dengan menggerakkan jemari itu satu per satu, tepatnya ialah:

  • Tunjukkan telapak tangan dengan jari tengah ditekuk ke bagian dalamnya.
  • 4 jari yang lain disatukan dengan bagian ujungnya.
  • Buka bagian ibu jari yang mewakili orang tua, karena mudah dibuka ini menandakan bahwa suatu saat nanti, akan membuka keluarga baru.
  • Tutup ibu jari itu dan buka jari telunjuk yang mewakili saudara. Mudah dibuka, bukan? Inipun juga menandakan bahwa nanti akan berpisah dengan mereka.
  • Tutup jari itu dan bukalah jari kelingking yang paling kecil, ini akan mewakilkan anak-anak nantinya.
  • Pada jari yang terakhir ialah jari manis yang sulit dibuka. Ini menjadi tanda bahwa pasangan hidup suami istri tak dapat berpisah. Sehingga, cincin pernikahan diletakkan pada jari ini sebagai tanda bahwa pasangan hidup itu tak bisa dipisahkan.

Baca Juga : Rangkaian Upacara Nyepi di Bali

 

Jasa Pembuatan dan Jual Artikel Murah © 2016 Frontier Theme